Kamis, Juli 10, 2008

NO TO RACISM in INDONESIA!


klo kita menonton pertandingan sepakbola dunia EURO 2008 kemarin, tentunya kita masih ingat slogan "NO TO RACISM" yang berarti TOLAK RASISME!, pendek tapi sangat bermakna. Slogan ini sengaja dipasang dipagar pembatas lapangan bersama-sama dengan iklan sponsor2 terkenal lainnya bahkan dipajang saat para pemain berfoto dikala per-tandingan akan dimulai.

Ternyata yang namanya SARA itu ada dimana-mana dibelahan bumi lain termasuk juga di Indonesia tercinta ini. Negara Barat yang katanya menjunjung tinggi nilai2 HAM-pun terjadi, bagaimana yang tersembunyi sedang dalam ajang olahraga yang menekankan kepada persahabatan dan sportivitas saja disusupi aksi diskriminasi dan rasisme. Seprti kasus ETO'O pemain terbaik Afrika yang merasa terhina karena dilecehkan oleh ribuan suporter lawan dengan teriakan "uh-uh-uh" dan dilempari kacang!

Bagaimana dengan di Indonesia sendiri...Ingat peristiwa MEI diawal lengsernya Orde Baru ato peristiwa berdarah di POSO dan Ambon?



Atau secara dalam skala lebih kecil disekitar kita, apakah ada diantara teman-teman yang masih memilih berkelompok-kelompok secara asal-usul dan suku-suku tertentu se- misal Jawa,Sunda,Madura,Makasar,Batak Dllsb dalam pergaulannya?

Ato kita masih memandang Sinis tetangga kita ato teman kita yang ber"mata sipit"
dengan alasan-alasan tertentu.

Apa teman-teman pernah mengalami kawan ato atasan kita berat sebelah dalam hal pe-
kerjaan ato yang lainnya karena mereka satu kampung dan bertindak tidak profesional.

Ato yang lebih parah lagi karena kita berbeda agama dengan atasan ato boos kita lalu mereka memojokan dan mendiskriminasi kita dengan segala pekerjaan yang selalu di-anggap tidak beres alias salah terus!

Huh ini Indonesia men! tunjukan pada Dunia bahwa kita Profesional dan lebih baik dari bangsa di belahan Dunia manapun karena kita bangsa yang kuat dan besar..kita pernah menjadi Macan kebanggan Asia ditakuti dan disegani... #huh kek iklan aja! :)#

Klo klub yang suporternya mengejek Eto'o didenda 81 jutaan dan beberapa orang di- tangkepin polisi...klo di Indonesia ngadu sama siapa yah..kasus yang beginian? trus apa diperhatiin? memang sepele seh,tapi dampaknya besar sekali pastinya...

1 komentar:

  1. rasicme memang masalah pundamental global. tanpa sadar kejadian rasicme di indonesia juga sering terjadi. saya punya pengalaman pribadi yg paling nyata tentang tindakan rasicme di negeri in sewaktu masih kuliah dulu. dan memang nyatanya memang sulit selama manusia melihat seseorang karena latar belakang suku.

    BalasHapus

Terima kasih Untuk meninggalkan jejak disini