Senin, November 26, 2007

Oleh2 sholat Jum'at

Adalah Sahabat rasul SAW, Abdullah bin Salam manusia yang baik dan rajin ibadah, mengalami penderitaan ketika akan menghembuskan nafas yang terakhir menjelang ajalnya.



Lalu Rasul Muhammad SAW mengutus orang untuk menemui ibu dari Abdullah bin Salam tapi setelah 2 orang diutus mereka kembali dengan tangan kosong sang ibu tidak bersedia menemui anaknya yang sedang sakaratul maut itu sampai akhirnya Rasul SAW mengancam untuk menemuinya sendiri bila sang ibu tidak datang juga.

Malu dan segan bila manusia pilihan yang Agung nabi Muhammad SAW menemuinya, maka sang ibupun datang menemui anaknya dengan terpaksa dan berat hati. Sampai ditempat sang ibu melihat anaknya terbaring lemah menderita diakhir hidupnya lalu dia bercerita tentang kelakuan anaknya yang telah mengecewakan dan menyakiti hatinya, sampai kapanpun sang ibu tidak akan sudi mengakui Abdullah bin Salam sebagai anaknya dan tidak rela air susunya telah diminum Abdullah bin Salam!

Alkisah Abdullah bin Salam karena terlalu sayang dan cintanya kepada anak dan istrinya-lah sehingga membuat Sang ibu merasa tidak dipedulikan dan dibakar api cemburu yang amat mendalam akhirnya kekecewaan itulah yang berakar hingga akhir hidup Abdullah bin Salam ibunya tidak bersedia memaafkan.

Rasulullah Muhammad SAW memerintahkan untuk membakar Abdullah bin Salam hidup2 bila sang ibu tidak memaafkannya, itu untuk mengurangi siksa kubur diakhirat kelak yang akan dialami Abdullah bin Salam atas dosanya durhaka kepada Sang ibu.

Semua orang yang hadirpun bergegas mencari kayu bakar untuk segera mengakhiri hidup sahabat Rasul itu,dan Abdullah bin Salam-pun telah untuk dipanggang hidup2... sang ibu yang melihat peristiwa itu menagis sedih... dia tidak tega melihat anaknya harus berakhir seperti itu..lalu dengan suara terbata-bata diapun memaafkan anaknya.....

Sesaat setelah sang ibu memaafkan, Abdullah bin Salam-pun mengucapkan LAA ILLAHA ILALLAH dan langsung menghembuskan nafasnya yang terakhir...

itulah penggalan khotbah jum'at yang mudah2-an bisa menjadi pelajaran buat kita semua bahwa walaupan kita sangat sayang dan cinta kepada anak dan istri jangan sampai ibu kita merasa cemburu dan sakit hati karena bencinya orang tua adalah bencinya AllAh SWT juga...

5 komentar:

Terima kasih Untuk meninggalkan jejak disini